Jenis-jenis Pintu Rumah

Bagian rumah yang tidak kalah pentingnya dari komponen dari bagian lainnya yaitu pintu. Pintu memiliki fungsi sebagai aspek untuk menjaga keamanan di dalam rumah. Selain untuk keamanan, pintu juga dijadikan sebagai penghias rumah agar terlihat lebih indah. Oleh karena itu, ketika orang membangun rumah ingin mendapatkan jenis pintu yang cocok untuk rumahnya agar tidak hanya aman tapi juga rumah terlihat menarik, dan elegan. Selain karena masalah di atas, ada juga orang yang mempertimbangkan soal pemilihan jenis pintu karena kondisi atau keadaan rumah sehingga harus memilih jenis pintu yang pas. Nah, jenis-jenis dari pintu sendiri tidak hanya satu tapi ada banyak. Berikut ini ada beberapa jenis-jenis dari pintu rumah yang harus Anda ketahui.

Pintu geser

pintu-geser

Jenis pintu pertama yang harus Anda ketahui yaitu pintu geser. Pintu ini tidak hanya cocok dijadikan sebagai pintu di rumah tapi juga untuk diperusahaan. Cara membuka pintu geser sendiri dengan mengeserkan daun pintu kebagian kiri atau kanan. Yang membuat jenis pintu satu ini dapat bergeser dikarenakan pada bagian bawah atau atas daun pintu biasanya dipasang rel dan roda sehingga pintu dapat digeser kebagian kanan atau kiri. Menggunaan jenis pintu geser ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki ruang sempit karena dengan menggunakan pintu ini tidak akan memakan tempat disaat Anda membuka pintu atau juga menutup pintu. Selain pintu rumah, pintu geser juga bisa Anda temukan pada furnitru seperti lemari. Dengan menggunakan pintu geser akan terlihat lebih simpel dan rapi.

Pintu lipat

pintu-lipat

Jenis pintu yang kedua adalah pintu lipat. Pintu lipat merupakan pintu yang mengabungkan semua pintu yang dihubungkan dengan menggunakan engsel sebagai penghubung. Dengan adanya engsel yang terpasang disetiap pintu sehingga membuat pintu akan terbentuk lipatan dari pintu-pintu yang ada ketika dibuka. Untuk jenis pintu ini sangat cocok dijadikan sebagai pembatas ruangan sehingga ketika ruangan yang terlihat kecil dan ingin dibesarkan, Anda bisa membuka semua pintu agar ruangan yang tadinya kecil terlihat besar. Namun sayangnya, jenis pintu satu ini membutuhkan tempat yang cukup untuk tempat sandaran ketika pintu akan dibuka semua. Akan tetapi, pintu lipat ini sangat cocok jadi pilihan jika Anda memiliki rumah yang kecil tapi ingin diberi pembatas antara ruang yang satu dengan lainnya.

Pintu ayun

pintu-ayun

Jenis pintu satu ini sangat mudah untuk Anda jumpai di rumah-rumah karena pengguna dari pintu ini sendiri umum digunakan pada bangunan rumah. Selain itu, di negara kita ini lebih banyak orang menggunakan jenis pintu satu ini. Adapun jenis pintu yang dimaksud adalah pintu ayun (swing door). Pintu ayun merupakan jenis pintu yang dibuka dan ditutup dengan cara didorong atau juga ditarik. Jenis pintu ayun ini akan menggunakan engsel untuk menyatukan daun pintu dengan kusen. Kekurangan dari menggunakan pintu ayun ini yaitu membutuhkan ruang ketika pintu akan dibuka atau juga ditutup. Jadi, saat Anda ingin pilih jenis pintu ayun sebagai pilihan pintu rumah, ada baiknya memperhatikan terlebih dahulu kebutuhan ruang untuk pintu agar bisa dibuka dan ditutup dengan mudah dan tidak menganggu perabotan yang ada disekitar ruangan.

Bagi Anda yang ingin memilih jenis pintu, jangan lihat dari keindahan pintu saja tapi lihat juga kegunaan dan kondisi ruangan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *