3K yang Harus Diwaspadai Pemilik Rumah

Genteng bocor, kaca pecah, wc mampet, dinding retak, dan lantai pecah memang masalah yang cukup serius bagi pemilik rumah. Namun, masalah-masalah ini masih bisa diselesaikan dengan cukup mudah karena pemilik rumah tinggal mengganti bagian yang rusak dengan yang baru dan meminta bantuan tukang/ahli untuk menyelesaikan masalah ini. Apabila Anda memiliki rumah, pastikan bahwa Anda tidak hanya mengkhawatirkan masalah-masalah yang telah disebutkan di atas tapi juga masalah-masalah di bawah ini yang mesti diwaspadai:

kebakaran-rumah

Kebakaran

Menurut beberapa sumber terpercaya, kebakaran kerap kali terjadi dan menghanguskan sejumlah bangunan, termasuk tempat tinggal. Ketika bencana ini terjadi, besar kemungkinan aset-aset berharga akan terbakar dan korban jiwa pun terkadang tak bisa dielakkan. Bagi yang punya polis asuransi properti atau asuransi kebakaran, hal ini mungkin tidak akan menjadi masalah besar karena mereka tinggal klaim untuk mendapatkan ganti rugi. Namun, bagi yang tidak punya polis asuransi ini, mereka hanya bisa berharap pada bantuan tetangga dan pemerintah setempat untuk melanjutkan kehidupan mereka lagi. Oleh karena itu, jangan pernah menganggap enteng masalah ini, khususnya bila tak memegang polis asuransi.

Di sisi lain, bila tak ingin masalah ini menimpa Anda, pastikan untuk tidak asal menyalakan api dan memasang saluran listrik di rumah. Ketika sedang ingin pergi ke luar rumah, pastikan bahwa tungku atau kompor gas sudah dimatikan. Di samping itu, jangan terlalu banyak colokan listrik yang digunakan dengan satu terminal karena hal ini dapat memicu arus pendek dan kebakaran. Bila memang sedang banyak menggunakan alat-alat elektronik, matikan dulu yang tidak penting agar resiko korsleting listrik bisa diminimalisir.

rumah-kebanjiran1

Kebanjiran

Bersyukurlah bila lokasi rumah Anda berada di tempat yang cukup tinggi atau bebas dari banjir. Perlu diketahui bahwa ketika becana ini melanda, aset-aset pribadi akan rusak atau hilang. Ini tentu saja sangat merugikan sekali. Apabila saat ini, Anda kebetulan tinggal di ibukota, diwajibkan untuk berhati-hati dengan masalah yang satu ini karena Jakarta rawan banjir. Baru 30 menit saja dilanda hujan lebat, beberapa kawasan sudah terendam banjir. Memang pemerintah kota DKI Jakarta sudah berusaha meminimalisir hal ini tapi fakta di lapangan menunjukkan bahwa masih ada beberapa titik yang rawan banjir. Apabila Anda ingin mencegah hal ini, pastikan untuk membersihkan selokan atau got di sekeliling rumah dan hindari membuang sampah sembarangan. Apabila ada lahan kosong di sekita rumah, tanami pepohonan agar tanah bisa menyerap air dengan cepat.

ilustrasi-perampokan

Kerampokan

Permasalah yang satu ini cukup mengerikan untuk dibicarakan karena kebanyakan korban perampokan itu sendiri ada yang terluka parah dan bahkan meninggal dunia. Penyebab masalah ini biasanya terletak pada kelalaian pemilik rumah, tingkat keamanan rumah yang mudah dijebol pencuri, dan aset-aset berharga yang disimpan di dalam rumah. Ya, terkadang pemilik rumah lupa mengunci jendela atau pintu sehingga perampok bisa masuk dengan mudah. Di samping itu, banyaknya aset berharga di dalam rumah juga menjadi pemicu tindak kejahatan ini. Oleh karena itu, sebelum pergi tidur, kunci dulu semua pintu dan jendela. Untuk lebih meningkatkan sistem keamanan di rumah, pasang trails besi di jendela dan pintu serta kamera pengintai. Jangan lupa juga untuk menyimpan harta berharga di bank atau tempat penyimpanan yang aman agar penjahat tidak tergoda untuk merampok kediaman Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *